Mau Umur Panjang, Lakukan 6 Kebiasaan Sehat Ini, Salah Satunya Berhenti Merokok

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi seseorang berumur panjang/Pixabay

PORTAL SATRIA – Studi Centenarian New England menunjukkan gen merupakan pelindung yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap umur panjang.

Peneliti ini menganalisa dan menguraikan seluruh kode genetik seorang pria dan seorang wanita yang hidup melewati usia 114 tahun.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gen yang terkait dengan umur panjang dapat mengimbangi gen yang terkait dengan penyakit. Hal ini kemudian memungkinkan mereka dapat hidup dengan umur panjang.

Baca Juga: Berjalan Kaki di Alam Bebas Diyakini Bisa Bantu Hilangkan Stres

Namun tak hanya gen, ada beberapa kebiasaan yang juga dapat membantu seseorang hidup lebih lama. Sebagaimana dirangkum dari laman Healthline, kebiasaan tersebut di antaranya:

1. Hindari Makan Berlebihan
Asupan kalori rendah memungkinkan seseorang mendapatkan penyakit yang lebih rendah. Pembatasan kalori dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak perut yang keduanya dapat menyebabkan rentang hidup yang lebih pendek.

2. Makan Lebih Banyak Kacang
Kacang-kacangan adalah sumber yang bagus dari beberapa vitamin dan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, folat, niasin, dan vitamin B6 dan E. Mengonsumsi makanan ini dapat memberikan kesehatan yang baik untuk tubuh.

  • Bagikan