Tumit Kakimu Pecah-Pecah, Lakukan dengan 5 Perawatan Ini

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi tumit/Pixabay

PORTAL SATRIA – Beberapa orang sering mengalami tumit kaki pecah-pecah. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan rasa sakit yang cukup menganggu.

Tumit kaki pecah-pecah merupakan hasil dari kulit kering yang disertai dengan penebalan kulit atau kapalan yang biasanya berawarna kuning atau coklat di sekitar tepi tumit kaki.

Menurut penelitian, 20 persen orang dewasa di Amerika Serikat pernah mengalami kondisi tumit pecah-pecah, dan perempuan memiliki 50 persen kemungkinan lebih tinggi untuk mengalaminya.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Ini Nekat Gantung Diri usai Racuni 2 Anaknya

Bagi sebagian orang, tumit kaki pecah-pecah bukanlah hal yang serius meskipun itu dapat sangat menggangu kenyamanan saat sedang tidak menggunakan alas kaki.

Namun bagi sebagian orang lainnya, tumit kaki pecah-pecah merupakan hal yang sangat serius. Hal ini dikarenakan bentuk pecahan yang sudah dalam sehingga terasa sangat terasa menyakitkan untuk berdiri bahkan terkadang bisa sampai berdarah. Jika sudah sampai kondisi seperti ini, sangat disarankan untuk menemui dokter agar dapat ditindaklanjuti.

Penyebab Tumit Kaki Pecah-Pecah

Ketika kulit di sekitar tumit menjadi kering, kulit kehilangan kekenyalan dan elastisitasnya yang pada akhirnya menyebabkan kulit menjadi pecah-pecah. Kondisi ini biasanya terjadi bersamaan dengan kapalan sehingga seringkali terasa tidak nyaman dan menyakitkan.

Berikut merupakan penyebab terjadinya kondisi tumit pecah-pecah:

Baca Juga: UAS: 3 Hal Ini Wajib Dihindari Jika Mau Rezekimu Lancar

1. Berdiri untuk jangka waktu yang cukup lama.

2. Memakai alas kaki yang keras seperti sandal jepit, sandal terbuka, ataupun bertelanjang kaki.

3. Tekanan berlebihan pada tumit kaki.

4. Mandi air panas dalam waktu yang lama.

5. Peningkatan berat badan.

6. Kondisi medis seperti diabetes.

Berikut merupakan cara merawat tumit kaki pecah-pecah:

1. Menggunakan Balsem Kaki atau Pelembap

  • Bagikan