Waspada! 5 Tanda Serangan Stroke Ini Tak Bergejala

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi serangan stroke/PMJ

PORTAL SATRIA – Ternyata ada juga stroke yang tidak memiliki gejala jelas atau biasa disebut silent stroke. Kondisi ini bahkan terbilang lebih umum.

Silent stroke adalah jenis stroke yang biasanya tidak menunjukkan gejala umum. Pada kebanyakan kasus, penderitanya bahkan tidak tahu mereka mengalami penyakit ini.

Jenis stroke ini telah memengaruhi setidaknya sepertiga dari orang di atas usia 70 tahun. Pembuluh darah bisa tersumbat, jaringan yang disuplai oleh pembuluh itu bisa mati.

Baca Juga: RUU Sisdiknas Dianggap Bermasalah, Aptisi Sarankan Menteri Nadiem Makarim Diganti

“Tapi orang itu tidak mengalami gejala sehingga mereka tidak tahu bahwa mereka terkena strok,” ujar Profesor di Harvard Medical School dan direktur Layanan Stroke RS Massachusetts, Karen Furie.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Rabu (21/9/2022), berikut lima gejala yang sangat terkait dengan silent stroke:

1. Masalah Kognitif
Masalah kognitif yang sedang berlangsung bisa menjadi akibat dari serangkaian silent strok. Ahli saraf dr Shazam Hussain mengatakan, apabila silent stroke benar-benar mulai menumpuk, hal itu dapat memengaruhi hal-hal lain seperti ingatan dan pemikiran.

Masuk ke topik yang lebih luas tentang bagaimana strok dapat memengaruhi hal-hal lain, ada seluruh bagian dari demensia yang disebut demensia vaskular.

Hal itu merupakan proporsi besar dari jumlah orang yang menderita demensia, dan ini benar-benar terkait dengan silent stroke yang terjadi di otak.

Baca Juga: Sesuai Aturan, KPU Pastikan Nomor Urut Parpol Berdasarkan Pengundian

  • Bagikan