Kelahiran Nabi Muhammad, Yahudi Mekah: Bayi Ini Adalah Nabi Akhi Zaman

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi Nabi Muhammad Saw/Pixabay

PORTAL SATRIA – Tepat hari Senin, 12 Rabi’ul Awwal Tahun Gajah atau 570 M, merupakan hari penting bagi umat manusia, sebab pada saat itulah nabi akhir zaman lahir. Namun siapa sangka, di tengah kegembiraan penduduk Makkah karena nabi agung itu berasal dari golongan mereka, ada seorang Yahudi yang merasa sangat kecewa hingga pingsan melihat kehadiran sosok yang selama ini dinantinya.

Dikisahkan, dulu ada seorang Yahudi tinggal di Makkah untuk berdagang. Saat malam dilahirkannya Nabi Muhammad, ia bertanya kepada sekelompok masyarakat yang sedang berkumpul, “Wahai kaum Quraisy, apakah kalian mendengar ada bayi dilahirkan malam ini?” “Kami tidak tahu,” jawab mereka. “Baiklah kalau begitu.

Baca Juga: Begini Penjelasan Hadist terkait Mengganti Salat karena Ketiduran

Aku cuma ingin memberi tahu, malam ini akan lahir nabi umat terakhir. Ciri-cirinya, di antara dua belikatnya ada tanda yang memiliki bulu-bulu rambut yang tersusun seperti bulu tengkuk kuda. Ia juga tidak menyusu selama dua malam karena mulutnya ditahan oleh Jin Ifrit.”

Orang-orang tidak mengerti maksud Yahudi tadi. Mereka pun bubar dengan perasaan bingung. Sepulangnya di rumah masing-masing, mereka menceritakan apa yang baru saja disampaikan Yahudi. Hingga kemudian mereka mendengar bahwa saat ini Abdullah telah memiliki putra yang baru saja lahir. Ia menamainya ‘Muhammad’.

Kabar kelahiran ini pun segera disampaikan kepada si Yahudi tadi. Mendengar hal itu, ia mengajak orang-orang mendatangi rumah Abdullah untuk memastikan kebenaran informasi. “Ayo, kita bersama-sama ke rumah Abdullah,” serunya.

Sesampainya di rumah Abdullah, mereka masuk dan melihat istrinya, Aminah. “Tolong perlihatkan putramu,” pinta Yahudi. Begitu bayi dikeluarkan, si Yahudi membuka punggungnya dan melihat tanda kenabian, seketika ia tak sadarkan diri.

Begitu sudah siuman, orang-orang heran dan menanyainya, “Apa yang sebenarnya terjadi?” “Demi Allah, telah lenyap kenabian dari Bani Isra’il. Bergembiralah. Kalian beruntung karena bayi ini adalah nabi akhir zaman. Ia akan memiliki kekuasaan dan semua orang dari timur hingga barat mengetahuinya.”

Baca Juga: Begini Penjelasan Hadist terkait Mengganti Salat karena Ketiduran

Riwayat ini disampaikan oleh Abu Abdillah an-Naisaburi dalam Al-Mustadrak ‘alash Shahihain, 2009 juz II, halaman 257. Prediksi Umat Yahudi atas Kelahiran Nabi Muhammad Orang Yahudi yang pingsan saat Nabi Muhammad lahir sebenarnya sudah tahu ciri-ciri dan memprediksi kapan putra Abdullah itu lahir.

Sebab, ciri-ciri cucu Abdul Muthalib itu sudah disebutkan dalam Taurat, kitab suci Yahudi. Bahkan, saking yakinnya, setiap kali melakukan pertempuran melawan musuh, umat Yahudi akan bertawasul kepada Nabi yang sudah dijanjikan itu, dan terbukti mereka diberi kekuatan untuk memukul mundur lawan.

  • Bagikan