Gelar Bangsawan Delapan Cucu Ratu Denmark Dilucuti, Ini Alasannya

  • Bagikan
Foto: Istana Kerajaan Denmark/Pixabay

PORTAL SATRIA – Ratu Denmark Margrethe yang merupakan satu-satunya ratu yang masih bertahta dan pemimpin kerajaan di daratan Eropa dikabarkan telah melucuti gelar bangsawan delapan cucunya.

Alasan resmi dari pencopotan gelar itu adalah supaya anak-anak dari putra bungsunya, Pangeran Joachim, dapat menjalani kehidupan dengan normal seperti orang lain pada umumnya.

Langkah itu juga meniru keluarga kerajaan-kerajaan lain di Eropa yang merampingkan jumlah kalangan bangsawannya.

Baca Juga: Ferdy Sambo dan Istrinya Minta Maaf soal Skenario Pembunuhan Brigadir J, Siap Buka Suara Dipersidangan

“Mulai 1 Januari 2023, keturunan Yang Mulia Pangeran Joachim hanya dapat menggunakan gelar mereka Count and Countess of Monpezat, gelar mereka sebelumnya Prince dan Princess of Denmark tidak lagi digunakan,” kata pihak istana dalam sebuah pernyataan hari Rabu 28 September 2022.

Seperti diketahui, Pangeran Joachim, 53, memiliki empat anak dari dua pernikahan: Nikolai, Felix, Henrik and Athena, mulai dari usia 23 sampai 10 tahun.

“Dengan keputusannya, Yang Mulia Ratu ingin membuat kerangka kerja untuk keempat cucu tersebut, ke tingkat yang jauh lebih besar, untuk dapat membentuk eksistensinya sendiri tanpa dibatasi oleh pertimbangan dan kewajiban khusus sebagaimana yang diatur oleh afiliasi formal dengan Royal House sebagai sebuah institusi,” kata istana.

  • Bagikan