Mengapa Makan Berlebihan Tidak Diperbolehkan? Ini Alasannya

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi makan berlebihan/PMJ

PORTAL SATRIA – Makan berlebihan atau makan terlalu banyak dalam sekali waktu tentu tidak disarankan. Hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti merasa kembung, lesu, sulit tidur, atau refluks asam.

Jika merasa makan berlebihan, coba ikuti tips dari Jepang. Orang Jepang memiliki frasa yang disebut hara hachi bu, yang berarti makan sampai kenyang 80 persen dan berasal dari Okinawa.

Mungkin ini saran yang bagus, yang pada dasarnya berarti Anda harus makan dalam jumlah yang akan membuat Anda merasa kenyang tetapi tidak sepenuhnya kenyang.

Baca Juga: Ternyata Jeruk Nipis Memiliki Manfaat yang Dahsyat Bagi Kesehatan, Yuk Disimak!

Ada hal- hal lain yang dapat dilakukan untuk mengelola keinginan makan dan menghindari makan berlebihan. Salah satu caranya dengan makan perlahan, yang dapat membantu mengatasi makan dalam jumlah banyak.

“Saat Anda makan, perut Anda mengembang. Semakin banyak makanan yang Anda makan, semakin besar perut Anda akan mengembang untuk menampung.

Perut memiliki reseptor peregangan yang aktif ketika air atau makanan masuk ke perut, dan reseptor ini mengirim sinyal ke otak melalui saraf vagus yang menghubungkan usus dan batang otak.

  • Bagikan